Beri Tips Mahasiswa Hukum UKSW Salatiga, Dini Purwono Tekankan Soal Integritas

Beri Tips Mahasiswa Hukum UKSW Salatiga, Dini Purwono Tekankan Soal Integritas

Dinipurwono.id – Profesional muda di bidang hukum, Dini Shanti Purwono SH, LLM mendapat sambutan hangat saat mengisi acara Dialog Publik di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah.

Kepada lebih dari seratus mahasiswa, Dini Purwono menyampaikan materi “Mencermati Prinsip Kehati-hatian (Prudent Principal) pada Lembaga Keuangan Pasca OJK”.

Dini yang lulusan Harvard Law School Amerika Serikat ini, lama berkecimpung sebagai konsultan hukum di berbagai perusahaan, termasuk di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga penyampaian materi kepada mudah dicerna dan membuka cakrawala baru bagi mahasiswa.

Selain menyampaikan materi tentang lembaga keuangan, Dini juga memberi tips-tips jitu bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja, terutama bagi yang ingin berkecimpung di lembaga keuangan.

“Kualitas SDM itu penting sekali, dan untuk menghasilkan SDM yang baik perlu banyak pelatihan, karena yang namanya manusia itu perlu tantangan, harus diajari bagaimana menghadapi masalah,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, perusahaan jasa keuangan (PJK) selain harus hati-hati menerima nasabah, juga harus hati-hati merekrut pegawai.

“Ada yang namanya Pengenalan Pemantauan Profil Karyawan. Kan kita nggak tahu ya dia itu termasuk apa? Terkait radikalisme mungkin, atau bekas mafia? Nah ini harus dilakukan yang namanya pre-employee screening. Kalau tidak bisa kebobolan,” tegasnya.

Untuk itu, tambahnya, mahasiswa harus mempersiapkan sejak sekarang bagaimana nanti bersaing di dunia kerja, khususnya yang ingin masuk ke perusahaan jasa keuangan seperti bank, konsultan keuangan, asuransi, dan lain-lain.

Selain ilmu dan pelatihan yang memadai, lanjut Dini juga kehati-hatian agar mahasiswa tidak terjebak dalam kegiatan terlarang, yang bisa menghambat, karena perusahaan sekarang sudah menerapkan pre-employee screening yang ketat.

Ibu satu anak yang mencalonkan diri maju menjadi wakil rakyat ini juga menekankan pentingnya menjaga integritas jika mahasiswa nantinya hendak memilih profesi lawyer, baik di bidang pidana maupun perdata.

“Kredibilitas dan integritas itu kunci. Hanya dengan itu kita bisa membangun kepercayaan dengan klien maupun publik,” tandas Dini disambut tepuk tangan mahasiswa.

Beranda

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *